Asuransi Properti Tidak Menanggung Kerugian Kalau ini Terjadi

asuransi properti
Image Source Kompasiana

Asuransi properti adalah apa yang bisa memberikan perlindungan untuk rumah Anda dan seisinya. Perlindungan yang dimaksud di sini bukanlah perlindungan yang bisa mencegah resiko apa pun yang terjadi pada mobil Anda, tapi, memberikan pertanggungan atau penjaminan atas segala resiko yang terjadi itu. Pertanggungan yang diberikan adalah berupa uang pergantian sebesar kerugian yang dialami. Jadi, misalkan rumah Anda mengalami suatu musibah, contohnya musibah kebakaran, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kerugiannya karena ada pihak asuransi yang akan menanggungnya.

Meskipun demikiran, ternyata ada juga, lho, beberapa resiko yang tidak bisa ditanggung oleh asuransi properti seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Musibah yang disengaja

Yang dimaksud dengan musibah yang disengaja di sini adalah sesuatu yang sengaja diperbuat hanya untuk mendapatkan pertanggungan asuransi. Contoh: rumah yang sengaja dibakar. Hal seperti itu jelaslah sangat tidak etis dan tidak baik dilihat meski dilihat dari sisi mana pun. Menggunakan asuransi properti pada dasarnya adalah untuk mendapatkan perlindungan, bukannya untuk mendapatkan keuntungan dari pertanggungan yang akan diberikan oleh asuransi. Jadi, jika ada yang sengaja mendapatkan musibah hanya untuk mendapatkan pertanggungan, hal itu sungguh menyalahi etika dan keluar dari ketentuan yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

  1. Kebakaran akibat perang atau tindak kerusuhan lainnya

Meskipun musibah ini bukanlah hal yang disebabkan oleh diri sendiri atau sesuatu yang sengaja dilakukan, tapi, musibah yang terjadi karena perang atau kerusuhan yang terjadi secara tiba-tiba tidak akan bisa mendapatkan pertanggungan dari pihak asuransi. Hal ini sudah menjadi ketentuan dalam dunia asuransi.

  1. Gangguan usaha

Untuk yang rumahnya mengalami suatu resiko yang disebabkan oleh gangguan usaha juga tidak akan bisa ditanggung oleh asuransi untuk properti. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh kenyataan bahawa resiko yang disebabkan oleh gangguan usaha merupakan kesalahan dari pihak sendiri. Contoh: ledakan pada pabrik karena kelalaian pegawai sendiri.

  1. Kebakaran hutan

Untuk properti yang berada di tengah hutan dan mengalami resiko akibat kebakaran hutan yang terjadi di tempat itu maka juga tidak bisa mendapatkan pertanggungan asuransi. Oleh karena itu, Anda juga harus lebih hati-hati dalam dalam memutuskan lokasi tempat mendirikan rumah atau bangunan apa pun itu, jangan sampai Anda merasa rugi dan kesusahan sendiri nantinya.

Demikianlah macam-macam resiko yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Pemberlakuan ketentuan ini juga mempunyai tujuan untuk setidaknya menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi nasabah asuransi. Karena, jika semua jenis resiko bisa ditanggung oleh asuransi ditakutkan tidak aka nada rasa tanggung jawab dari setiap orang untuk lebih berhati-hati menjaga rumahnya karena sudah merasa aman dengan pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *