Ini Resiko Kalau Anda Mengabaikan Asuransi Perjalanan Saat Liburan

asuransi perjalanan
Image Source Finansialku

Untuk melakukan perjalanan liburan, ada baiknya jika Anda menggunakan asuransi perjalanan. Asuransi ini penting guna melindungi Anda dari resiko-resiko tidak terduga yang bisa saja menimpa Anda dalam perjalanan itu. Anda pasti sudah sangat sadar jika yang namanya perjalanan bukanlah sesuatu yang bisa bebas resiko.



Ada macam-macam resiko yang bisa terjadi dalam sebuah perjalanan yang beberapa di antaranya yaitu seperti yang akan disebutkan di bawah ini:

  1. Cedera atau terluka dalam perjalanan

Anda bisa saja cedera atau terluka dalam perjalanan ketika terjadi kecelakaan dalam perjalanan Anda itu. Bisa saja alat transportasi atau kendaraan yang Anda tumpangi untuk pergi ke tempat tujuan itu mengalami kecelakaan, entah itu pesawat, kereta, atau pun kendaraan bermotor lainnya. Membayangkannya saja sudah sangat mengerikan, bukan?? Jika sudah seperti itu, bukan hanya rugi dalam segi material atau finansial, tapi diri Anda sendiri yang berada dalam bahaya. Nah, di sinilah hadirnya asuransi itu menjadi sangat penting untuk dimiliki. Meskipun asuransi perjalanan tetap tidak bisa mencegah suatu kecelakaan untuk terjadi, tapi adanya asuransi untuk perjalanan inilah, yang setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan penanganan terbaik. Ketika suatu resiko terjadi terutama dalam memberikan biaya pengobatan di rumah sakit untuk Anda yang harus dirawat di tempat Anda melakukan perjalanan itu.

  1. Mengalami kehilangan barang

Selain kecelakaan, resiko lainnya yang paling mungkin terjadi ketika Anda melakukan perjalanan adalah resiko kehilangan. Entah itu kehilangan barang, uang, atau bahkan dokumen-dokumen berharga lainnya seperti paspor atau visa perjalanan Anda (jika Anda melakukan perjalanan itu ke luar negeri). Jika kehilangan uang di rumah saja bisa terasa miris, bagaimana jika hilangnya uang itu adalah di luar negeri dimana Anda sedang tidak mempunyai siapa-siapa untuk dimintai tolong? Apalagi jika yang hilang itu adalah dokumen yang menjadi identitas penting Anda selama berada di luar negeri? Anda bisa repot sendiri nanti. Di sinilah perannya asuransi perjalanan yang bisa ikut menjamin harta benda Anda yang hilang itu. Entah dalam pemberian uang pergantian atau dalam proses administrasinya.

  1. Mengalami kendala dalam perjalanan

Ada juga beberapa kendala yang bisa saja terjadi dalam perjalanan itu, misalnya saja penundaan jam penerbangan (delay) pesawat dan sebagainya. Resiko seperti ini meskipun kedengarannya sepele tetap saja terkadang bisa berakibat fatal atau sangat berpengaruh dengan Anda.

Nah, resiko-resiko seperti itulah yang mungkin akan Anda alamin dan tanggung sendiri jika Anda tidak menggunakan asuransi untuk perjalanan. Anda pastinya tidak ingin mengalami resiko-resiko seperti itu, bukan? Karena, pastinya, perjalanan liburan harusnya menjadi perjalanan yang menyenangkan dan bebas dari segala kekhawatiran atas segala resiko.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *