Fakta Unik Tentang Asuransi Motor

asuransi motor
Image Source Malesnulis

Asuransi bermotor yang ada dalam pikiran Anda selama ini mungkin hanyalah jaminan perlindungan yang diberikan untuk motor yang diberikan pertanggungan asuransi, dengan dua jenis pertanggungan asuransi, yaitu asuransi Total Loss Only yang penjaminannya hanya berlaku untuk tingkat kerusakan di atas 75 % atau jika motor itu hilang dan All Risk yang penjamianannya berlaku untuk segala jenis resiko dengan ketentuannya sendiri. Namun, apakah Anda tahu jika ternyata asuransi untuk sepeda motor masih memiliki fakta-fakta lain yang beberapa diantaranya bahkan tergolong unik? Meskipun kata “unik” di sini hanya berarti masih belum banyak orang yang tahu.

Berikut ini adalah fakta-fakta unik tentang asuransi motor:

  1. Asuransi TLO juga bisa memberikan penjaminan atas motor yang rusak akibat kecelakaan

Singkirkan pikiran jika asuransi TLO hanya bisa memberikan penjaminan jika motor sudah sama sekali tidak bisa digunakan lagi karena ternyata asuransi TLO juga bisa memberikan penjaminan asuransi untuk motor Yamaha yang rusak parah. Maksudnya, penjaminan bisa didapat tanpa harus motor tersebut rusak “total”, tidak rusak total atau ketika motor masih bisa diperbaiki pun bisa diberikan penjaminan, asalkan tingkat kerusakannya setara atau di atas 75%. Bagaimana pun, asuransi TLO merupakan solusi setiap orang yang ingin mendapatkan asuransi motor murah dan kebanyakan digunakan untuk pemberian asuransi kendaran tua.

  1. Asuransi TLO tidak memberikan penjaminan kepada motor yang hilang secara sembarangan

Jadi, jika motor Anda hilang karena sebab-sebab seperti dibawa kabur kerabat atau kenalan Anda, hilang karena Anda dihipnotis, motor yang hilang akibat kasus penggelapan atau penipuan, dan lain sebagainya. Motor hilang hanya akan diberikan pertanggungan asuransi jika motor tersebut hilang ketika sedang diparkir, atau ketika Anda ditodong atau dirampas, jadi meskipun anda sudah rutin membayar premi asuransi motor dengan baik tetap proses klaim tidak bisa dibantu.

  1. Asuransi motor All Risk, tidak bisa menanggung segala jenis resiko

Fakta ini sebenarnya merupakan fakta yang sudah banyak diketahui, namun  masih juga banyak orang yang belum memperhatikan. Mereka menganggap asuransi (untuk) “segala resiko” adalah asuransi yang bisa menanggung semua jenis resiko. Padahal, kenyataannya tidak juga. Ada beberapa resiko yang tidak bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi, salah satunya yaitu resiko atas aksesoris asuransi dari motor honda anda. Jika aksesoris motor Anda mendapatkan suatu resiko, Anda tidak bisa mengklaim pertanggungan asuransi jika Anda tidak menggunakan jaminan perluasan.

  1. Asuransi tidak bisa dipindahtangankan

Meskipun suatu motor sudah diberikan pertanggungan asuransi dan sudah lunas dibayar sampai beberapa waktu lamanya, tapi kemudian motor tersebut harus dijual (atau dipindahtangankan), pertanggunghan asuransinya tidak bisa ikut dipindahtangankan. Ketika motor tersebut berpindahtangan, asuransinya akan hangus atau tidak bisa diklaim jika bukan atas nama yang sebelumnya terdaftar sebagai pihak tertanggumg asuransi.

Demikianlah sekiranya empat fakta unik yang bisa saya berikan mengenai asuransi untuk motor.penjelasan lebih lanjut bisa anda klik di sini Semoga dengan membaca artikel ini, pemahaman Anda mengenai asuransi motor menjadi lebih luas.

Baca juga: ( https://www.cekpremi.com/asuransi-motor )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *