Asuransi Properti Ternyata Sangat Murah! Begini Perhitungannya

Asuransi properti
Image Source Kompas

Jika masih banyak rumah yang belum memiliki perlindungan asuransi dan masih banyaknya orang yang belum menganggap jika menggunakan asuransi itu penting, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena mereka menganggap jika menggunakan asuransi seperti asuransi rumah itu hanya menghambur-hamburkan uang saja, mereka juga mungkin merasa sayang dengan uang yang harus dikeluarkan untuk membayar premi itu atau malah menganggap bahwa harga premi asuransi properti atau rumah itu adalah mahal. Padahal kenyataannya, biaya premi yang harus dibayarkan untuk perlindungan terbaik pada rumah ini harganya sangat murah, loh.

Anda bisa mengecek terlebih dahulu harga asuransi atau biaya premi untuk rumah Anda sebelum ini di portal asuransi seperti Cekpremi.com. Atau mungkin, Anda bisa melakukan perhitungan harga premi asuransi untuk rumah Anda sendiri untuk lebih jelas dan pastinya.

Berikut ini adalah cara perhitungan asuransi properti:

Sebenarnya, cara perhitungannya mudah sekali yaitu dengan cara mengalikan persenan asuransi yang berlaku untuk jenis dan tipe rumah Anda dengan harga atau nilai rumah Anda secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui persenan asuransi tersebut? Anda bisa mengeceknya di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang tidak lain dan tidak bukan memang merupakan lembaga milik pemerintah yang mempunyai tugas mengawasi jalannya bisnis berserta kebijakan-kebijakan bisnis di Indonesia, termasuk bisnis asuransi. OJK sendiri memiliki beberapa kriteria dalam menentukan persenan atau suku premi asuransi, yang diketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Jenis konstruksi bangunan

Apakah rumah atau bangunan Anda (yang mau diasuransikan) itu terbuat dari kayu atau baja sebagai bahan dasarnya? Atau jika keduanya, bahan mana yang lebih dominan? Rumah yang memiliki sebagian besar kayu sebagai bahan dasar rumahnya memiliki premi yang harganya cenderung lebih tinggi dibanding baja. Hal ini tentu saja disebabkan oleh fakta bahwa kayu merupakan bahan yang paling mudah terbakar dibanding baja.

  1. Lokasi rumah

Rumah yang berada di lokasi yang lebih rentan juga cenderung memiliki harga premi yang lebih tinggi dibanding yang berada di lokasi yang lebih aman. Entah dalam hal resiko musibah bencana alam (berlokasi di dekat pantai atau daerah rawan banjir) atau yang rentan dengan resiko kebakaran (pemukiman padat).

  1. Nilai bangunan

Yang dimaksud dengan nilai bangunan di sini adalah harga rumah itu. Harga tanah dan bangunan berserta isinya itu kira-kira berapa. Semakin tinggi nilainya, sudah sepantasnya jika semakin tinggi nilai preminya karena pertanggungan yang akan diberikan juga akan semakin tinggi.

Nah, dari kriteria-kriteria tersebut OJK atau pihak asuransi sendiri akan memutuskan berapa suku premi atau harga premi asuransi untuk rumah Anda. Jika Anda perhatikan baik-baik uraian di atas, mungkin sudah bisa Anda duga kalau yang menjadi perhatian utama dalam penentuan harga premi asuransi properti adalah besarnya resiko yang mungkin terjadi pada rumah.

Meskipun demikian, faktanya lagi adalah harga premi asuransi itu sangatlah terjangkau atau murah jika dibandingkan dengan pertanggungan asuransi yang akan Anda dapatkan. Bahkan, ada produk asuransi yang mempunyai harga minimal hanya sekitar seratus ribu per tahun. Ya, dalam satu tahun, Anda hanya perlu membayar harga semurah itu untuk mendapatkan perlindungan asuransi properti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *