Asuransi Kesehatan Cashless Bermanfaat Saat Urgent

Tidak ada yang pernah bisa tahu kapan dan bagaimana musibah terjadi. Beberapa hari sebelumnya, atau bahkan berjam-jam sebelumnya Anda bisa baik-baik saja, tapi beberapa waktu kemudian tidak ada yang bisa menjamin kondisi Anda masih tetap dalam keadaan yang sama, Anda bisa saja mengalami kecelakaan lalu terluka parah dan lain sebagainya.

Inilah sebabnya asuransi untuk kesehatan bisa dibilang merupakan perlindungan yang sangat dibutuhkan sebagai antisipasi dari hal-hal yang tidak terduga seperti itu, terutama asuransi kesehatan cashless.

Asuransi kesehatan cashless adalah satu dari dua jenis asuransi untuk kesehatan yang dilihat berdasarkan jenis metode pertanggungannya. Yang dimaksud dengan metode pertanggungan adalah bagaimana pihak asuransi akan memberikan pertanggungan atas resiko yang terjadi pada kesehatan Anda yang telah diasuransikan itu. Cashless sendiri, sesuai dengan namanya, adalah metode pertanggungan dimana nasabah tidak perlu mengeluarkan uang lagi jika ingin mendapatkan pengobatan di rumah sakit.

Sementara itu, asuransi untuk kesehatan dengan jenis metode pertanggungan satunya lagi yang disebut reimbursement, mengharuskan nasabah asuransi untuk melakukan pembayaran biaya pengobatan di rumah sakit terlebih dahulu sebelum kemudian diganti oleh pihak asuransi. Ya, pertanggungannya adalah berupa uang penggantian.

Asuransi kesehatan cashless memang memiliki banyak sekali manfaat untuk Anda, danasuransi jenis ini tidak bisa dipungkiri memang lebih bisa diandalkan daripada jenis asuransi yang satunya (reimbursement) untuk resiko-resiko pada kesehatan yang tidak terduga. Mengalami kecelakaan pada saat Anda tidak memiliki simpanan biaya untuk pengobatan sama sekali, misalnya. Situasi seperti ini akan sulit jika Anda menggunakan asuransi reimbursement karena Anda atau keluarga harus mencari uang terlebih dahulu sedangkan pengobatan atau perawatan di rumah sakit perlu dilakukan secepat mungkin, sementara faktanya, beberapa rumah sakit di Indonesia masih menerapkan sistem “bayar dahulu baru penanganan”.

Jika Anda menggunakan asuransi kesehatan berjenis cashless, tentu Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kemungkinan seperti ini. Anda sudah akan langsung bisa mendapatkan penanganan di rumah sakit meskipun saat itu tidak memiliki uang sama sekali karena semuanya sudah langsung ditanggung oleh pihak asuransi.

BACA JUGA:
1. Asuransi Kesehatan Cashless Untuk Karyawan Swasta
2. Cara Klaim Asuransi Kesehatan Cashless

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunjukan pada pihak rumah sakit bahwa Anda atau pasien tersebut berasuransi lalu menghubugi pihak asuransi Anda untuk melapor. Sistem asuransi seperti ini tentunya sangatlah menguntungkan dan membuat lega di kondisi-kondisi yang urgent. Tidak heran, jika asuransi kesehatan cashless memiliki tingkat harga premi yang lebih tinggi dibanding reimbursement.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena cashless tetap bisa memiliki harga premi yang terjangkau dan tidak memberatkan. Zaman sekarang pun dengan banyaknya produk asuransi yang beredar, harga premi sudah semakin bervariasi sehingga Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kantong Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *