All Risk dan TLO, Perlindungan Asuransi Motor Terbaik

asuransi motor
Image Source Asuransiterbaik

Untuk mendapatkan perlindungan terbaik, terutama bagi Anda para pengendara motor, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan asuransi untuk motor. Anda pasti sudah tahu dengan apa yang dimaksud dengan asuransi, namun “tahu” tidak selalu berarti paham, bukan? Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk membaca lebih jauh artikel ini untuk lebih paham dengan asuransi motor sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Untuk apa, kenapa Anda harus paham dengan asuransi sebelum menggunakan asuransi? Jawabannya adalah tentu saja agar Anda bisa menentukan dan mempertimbangkan dengan lebih baik produk asuransi motor mana yang benar-benar pas untuk Anda pilih dan gunakan. Lalu, apa saja yang harus Anda pahami mengenai asuransi untuk motor?

Pertama-tama, dan yang paling utama, adalah bahwa asuransi untuk motor memiliki dua jenis yang dibedakan berdasarkan jenis pertanggungannya yaitu asuransi All Risk dan TLO.

Apa itu asuransi All Risk dan TLO?

Sesuai dengan namanya, asuransi All Risk untuk motor adalah asuransi yang bisa memberikan jaminan pertanggungan untuk segala macam resiko. Selama resiko itu tidak keluar dari ketentuan-ketentuan dalam asuransi. Asuransi All Risk ini bisa dibilang memiliki cakupan jaminan asuransi yang lebih luas dibanding jenis asuransi yang satunya (TLO). Asuransi ini bisa memberikan jaminan perlindungan atau pertanggungan untuk segala jenis resiko, dari resiko yang terkecil seperti baret pada motor hingga resiko yang terbesar seperti kerusakan total atau kehilangan. Jadi, tidak heran jika asuransi ini memiliki harga premi asuransi yang lebih tinggi dibanding asuransi TLO.

Sementara itu, TLO hanya memberikan pertanggungan atau jaminan perlindungan untuk resiko yang ‘total’ saja. TLO sendiri merupakan singkatan dari kepanjangan ‘Total Loss Only’. Jadi, sesuai dengan namanya, jaminan asuransi TLO ini hanya memberikan pertanggungan ketika motor Anda mendapatkan resiko yang total saja. Jika rusak, setidaknya tingkat kerusakannya harus di atas 75 % untuk bisa mendapatkan pertanggungan. Tidak heran juga jika asuransi jenis ini memiliki tingkat harga premi asuransi yang lebih rendah dibanding asuransi yang sebelumnya sudah dibahas yaitu All Risk.

Demikianlah sekiranya perbedaan dua jenis utama asuransi motor itu. Ya, walaupun memiliki perbedaan dalam hal jaminan dan harga, tujuan dan fungsi kedua jenis asuransi ini adalah sama yaitu untuk memberikan perlindungan pada motor Anda, dan kedua jenis asuransi ini merupakan apa yang bisa memberikan perlindungan asuransi untuk motor terbaik.

Atau setidaknya, lebih baik dibanding jika Anda tidak menggunakan asuransi atau menyiapkan perlindungan asuransi apa-apa, sama sekali. Meskipun demikian, Anda harus hati-hati dalam memilih sumber dimana Anda membeli asuransi itu. Untuk ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan dan mempercayakannya dengan Cekpremi.com, portal pembanding asuransi nomor satu di Indonesia.

Dengan mendaftarkan motor Anda asuransi di Cekpremi.com, Anda akan terhindar dari yang namanya kerugian yang mungkin terjadi akibat resiko yang sewaktu-waktu bisa menimpa atau setidaknya terminimalisir dari kerugian itu dan mendapatkan jaminan dari produk asuransi itu juga karena Cekpremi.com hanya menyediakan produk-produk rekomendasi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *