3 Hal Ini Tidak Bisa Dijamin Asuransi Properti Jika Kebakaran

asuransi properti
Image Source

Kebakaran saat ini tidak lagi menjadi musibah yang terlalu menakutkan dengan adanya asuransi kebakaran atau yang biasa disebut dan termasuk ke dalam asuransi properti. Kenapa bisa begitu? Karena resiko dan kerugian yang bisa disebabkan oleh kebakaran bisa dijamin atau diberikan pertanggungan oleh pihak asuransi sehingga seseorang tidak perlu menanggung kerugian atau merasa terpuruk sendiri atas musibah kebakaran yang menimpanya. Tidak hanya terbebas dari kerugian dan mendapatkan jaminan perlindugan. Seseorang juga akan mendapatkan fasilitas berupa rumah sementara sampai ia mendapatkan tempat tinggal baru—yang tentunya kesemua itu bisa didapatkan hanya jika rumahnya diasuransikan.

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa hal dalam kebakaran yang tidak bisa mendapatkan pertanggungan dari pihak asuransi. Hal-hal tersebut termasuk ke dalam pengecualian dalam asuransi. Dibuatnya pengecualian ini selain untuk menghindari pertanggungan yang berlebihan (yang bisa merugikan pihak asuransi), juga agar tidak menghilangkan rasa tanggung jawab bagi para nasabah asuransi untuk tetap menjaga dan melindungi rumahnya dengan baik walaupun rumah tersebut sudah dijamin oleh asuransi untuk properti.

Nah, berikut ini adalah 3 hal yang tidak bisa dijamin asuransi properti jika kebakaran:

  1. Kebakaran tersebut diketahui merupakan perbuatan yang disengaja

Jika musibah kebakaran yang terjadi itu diketahui merupakan perbuatan yang disengaja, maka pihak asuransi juga akan menolak untuk memberikan pertanggungan. Kenapa? Jelas saja alasannya, yaitu karena asuransi pada dasarnya diciptakan untuk menghindari atau melindungi dari yang namanya kerugian, bukannya untuk mendapatkan peruntungan dari kerugian atas resiko atau musibah yang disengaja.

  1. Barang-barang titipan

Asuransi tidak hanya memberikan jaminan untuk rumah saja tapi juga berserta harta benda dan barang-barang di dalamnya. Maka, harta berharga seperti barang elektronik atau kendaraan pribadi juga bisa termasuk ke dalam pertanggungan asuransi juga. Tapi, jika barang berharga yang ikut mendapati resiko akibat musibah kebakaran itu bukanlah barang sendiri alias barang titipan orang lain, maka asuransi tidak akan bisa ikut menanggung kerugiannya.

  1. Kebakaran akibat perang atau kerusuhan lainnya

Jika kebakaran yang terjadi itu disebabkan oleh peperangan atau sejenis kerusuhan lainnya maka pihak asuransi juga tidak akan bisa menanggungnya.

Demikianlah sekiranya tiga hal yang tidak bisa dijamin atau diberikan pertanggungan oleh asuransi properti jika terjadi kebakaran. Maka dari itu, meskipun rumah Anda sudah mendapatkan perlindungan asuransi atau antisipasi terbaik dengan asuransi, jangan sampai Anda lalai dalam menjaga rumah Anda, apalagi sampai sengaja mendapatkan resiko hanya untuk mendapatkan uang pertanggungan. Manfaatkanlah asuransi dengan baik dan sebagaimana mestinya agar tidak ada pihak yang harus dirugikan, termasuk diri Anda sendiri. Zaman sekarang, asuransi untuk properti ini bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah seperti melalui portal pembanding asuransi, Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *