3 Alasan Mengapa Asuransi Kebakaran Rumah Itu Penting

Asuransi Kebakaran Rumah
Image Source kreditgogo

kalau Anda ingin tahu betapa pentingnya untuk mempunyai asuransi kebakaran rumah, maka Anda bisa melihat data terakhir yang dilaporkan BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) pada tahun 2014. Menurut data yang dilansir dari BPBD Prov. DKI Jakarta, di tahun 2014 sudah terjadi 696 kebakaran di wilayah Jakarta. kejadian tersebut terjadi pada bulan September dengan jumlah kebakaran mencapai 99 kejadian dan paling sedikit terjadi pada bulan Januari yakni hanya sekitar 12 kejadian.

Kehidupan yang anda jalankan mempunyai peran yang besar atas terjadinya kebakaran. Mulai dari kegiatan memasak, menggunakan barang elektronik, bahkan sampai merokok di dalam rumah pun menjadi memicu kebakaran yang akhirnya merusak properti dan aset anda.

Dampak paling utama kebakaran adalah kondisi keuangan anda yang ikut terbakar pastinya. Anda bisa bayangkan sendiri jika semua harta benda punya anda hangus dalam hitungan menit, belum lagi ada banyak arsip penting yang mungkin tidak dapat anda selamatkan dari amukan si jago merah. Untuk mencegah hal itu, sebagai pemilik rumah Anda seharusnya mempunyai asuransi kebakaran rumah.

( Baca Juga: https://www.cekpremi.com/asuransi-properti )

Asuransi kebakaran adalah sebuah jenis polis asuransi kerugian atas aset yang akan melindungi struktur serta harta benda  rumah anda dari bahaya kebakaran. Selain itu, asuransi kebakaran juga menyediakan bantuan secara finansial untuk menggantikan harta benda yang hangus. Dengan adanya asuransi ini, diharapkan kehidupan pokok anda dan keluarga dapat kembali berjalan normal. Perlu anda ingat bahwa polis asuransi kebakaran hanya akan menjamin posisi finansial mengalami musibah kepada keadaan finansial sebelum mengalami musibah terjadi. Tidak ada keuntungan tambahan yang akan  anda dapat dari pihak asuransi.

Berikut ini adalah 3 alasan yang membuat asuransi kebakaran rumah sangat penting untuk Anda miliki:

  1. Menghindari Bangkrut
    Rumah adalah sebuah aset dan investasi jangka panjang yang harga tidak murah. Kalau saja rumah anda terbakar dan tidak diasuransikan, belum tentu Anda bisa langsung memperbaiki rumah anda. Hal yang paling mungkin terjadi adalah, anda akan berutang pada bank atau pihak lain demi memperbaiki rumah Anda yang telah dilalap si jago merah. Namun hal itu membuat anda harus meminjam uang kemana-mana dan pasti dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk melunasinya. Karena pinjaman Anda belum tentu kecil jumlahnya.
  2. Mengganti Barang Yang Rusak
    Asuransi ini tidak hanya menjamin ganti rugi biaya kerusakan atas bangunan anda yang mengalamai kebakaran, tetapi juga mengganti ongkos kerusakan atas barang-barang yang juga terbakar. Syarat penggantian ini merupakan kebakaran tersebut tidak terjadi atas kecerobohan anda sendiri.
  3. Tempat Tinggal Sementara
    Asuransi kebakaran biasanya menawarkan tempat tinggal sementara untuk anda yang rumahnya telah terbakar habis dan rata dengan tanah. Tempat tinggal sementara tersebut biasanya disediakan secara cuma-cuma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *